Apa itu Bisnis Online ~ Blog Tutorial
Jenis Backlink Yang Baik Untuk SEO ------------- Check BackLink di Web/ Blog ------------- Free Ecommerce Blog dengan Send SMS

Selasa, 14 April 2015

Apa itu Bisnis Online


Apa itu bisnis online


Apa itu Bisnis Online?
Dalam pengertian yang paling sederhana, bisnis online dapat diartikan sebagai kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa secara online melalui internet. Di beberapa sumber, sinonim dari internet marketing adalah bisnis internet, bisnis online dan lain-lain. Namun saya pribadi, seperti merasakan perbedaan di antara internet marketing dan bisnis internet. Buat saya, internet marketing itu lebih kepada kata kerja, sedangkan bisnis internet dan bisnis online itu cenderung sebagai kata benda. Sedangkan objek bisa dibilang sama, yaitu barang atau jasa, begitupun dengan keterangannya, yaitu secara online.

Bisnis online itu bisa diilustrasikan begini.
Anda adalah pemilik sebuah Toko Online  Pruduk anda. Orang harus pergi ke Toko Online  Pruduk anda untuk mendapatkannya. Promosi dapat dilakukan melalui Online juga atau dilakukan hal seperti biasa, dengan spanduk, brosur, ikut pameran, iklan di media cetak dan lain sebagainya. Anda tinggal membuat blog/website untuk menjual produk dagangan Anda secara online. Konsumen dapat membeli dari mana saja, istilahnya memesan, bahkan Anda bisa menjelajah pasar luar negeri tanpa perlu harus pergi keluar negeri sendiri. Pembayaran juga dilakukan lewat bank tertentu, dan produk akan dikirim via penyedia jasa ekspedisi. Selain itu, promosi pun juga bisa lebih luas karena tidak membutuhkan fisik dan dana yang terlalu besar.
Mengapa kini bisnis online menjadi pilihan?
Bandingkan saja antara bisnis konvensional dengan bisnis internet berikut ini:
Bisnis Konvensional (Offline)
  • Modal relatif besar, karena memerlukan tempat/toko untuk buka lapak. Tempat tersebut harus memenuhi beberapa syarat komersial, seperti letak yang strategis tapi tentu saja mempunyai nilai sewa atau nilai beli yang sangat tinggi.
  • Memerlukan karyawan, dan sebagai konsekuensinya, ada pengeluaran dalam bentuk gaji.
  • Pemilik / karyawan harus stand by di toko selama jam buka. Jika jam dikurangi tentu saja akan berdampak pada penurunan omzet.
  • Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu.
  • Pengiklanan juga terbatas.
  • Segalanya terkait dengan sesuatu yang bersifat fisik, seperti transportasi, cuaca, kondisi geografis dan alam dan lain-lain.
Bisnis Internet (Online)
  • Tidak memerlukan toko yang bersifat fisik. Cukup dengan domain yang gratis, misalnya Nama Toko Anda.blogspot.com (dapat dilihat caranya dihalam lain), atau komersil dan biaya hosting yang tidak begitu mahal .
  • Bahkan tanpa karyawan.
  • Bebas dari kendala cuaca.
  • Jangkauan pemasaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
  • Bisnis buka 24/7 penuh, tanpa ada istilah tutup.
  • Anda tidak harus bekerja full time, karena semuanya serba bisa dibuat secara otomatis. Hanya sedikit saja yang memerlukan penanganan secara manual. Bahkan saat tidur atau berlibur pun, transaksi dapat dijalankan tanpa mengganggu aktivitas Anda.
  • Sebagai pebisnis, Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan utama Anda sekarang. Dengan demikian, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan dari 2 sumber.
Yang pasti dalam bisnis online ini, kita hanya membutuhkan keperluan peralatan yang dapat melakukan komunikasi dengan dengan internet.

Yang pertama harus dipikirkan adalah, bagaimana membuat blog/website yang bagus. Bagus di sini tidak melulu berarti, bagus secara visual aja. Di dalam blog ini juga sudah tersedia cara membuat blog bisnis online dengan template full gratis.

Urutan Membuat blog Bisnis Online Gratis  :

  1. Membuat Email dengan Gmail (bila sudah ada abaikan)
  2. Membuat Blog Gratis
  3. Membuat Tempalte Bisnis Online Gratis

Bila masih belum paham, silahkan anda bertanya ?

Kesimpulan : Untuk para pemula sebaiknya menggunakan Blog untuk membuat blog/web Online, karena semuanya gratis (Anda lihat di halaman lain di blog ini)

0 komentar:

Posting Komentar